PERLUKAH SAYA TES HIV SEKARANG


Berikut adalah sejumlah pertanyaan yang berhubungan dengan masa lalu Anda yang dapat membantu Anda menentukan sikap dalam melakukan tes HIV. Silakan jawab secara jujur untuk diri Anda sendiri sesuai situasi yang sebenarnya (Anda tidak akan diminta mengisi apapun di web ini. Ini hanya untuk refleksi diri Anda sendiri). Nilailah risiko diri Anda sendiri dan tentukan apakah Anda perlu tes HIV sekarang atau tidak.

Apakah Anda pernah mengalami berbagai kejadian sebagai berikut:

1. Pernah mendapatkan transfusi darah sebelum tahun 1992? (Ya = 10, Tidak = 0)
2. Pernah menerima suntikan, dan yakin bahwa alat suntik yang dipergunakan steril? (Ya = 0, Tidak = 10, Ragu = 10)
3. Pernah menolong orang korban kecelakaan yang berdarah di sekujur tubuhnya ? (Ya = 10, Tidak = 0)
4. Pernah berhubungan seks dengan seseorang, yang orang tersebut juga berhubungan seks dengan orang lain? (Ya = 10, Tidak = 0, Ragu = 10)
5. Pernah terluka oleh alat (pisau, jarum dll) yang Anda tidak yakin apakah alat itu steril atau tidak? (Ya = 10, Tidak = 0)
6. Memiliki pasangan seks, yang sempat berpisah cukup lama, kemudian bertemu dan menjadi pasangan seks kembali? (Ya = 10, Tidak = 0, Ragu = 10)
7. Pernah terkena penyakit kelamin/infeksi menular seksual (IMS)? (Ya = 10, Tidak = 0)
8. Pernah menjadi pecandu narkoba, khususnya narkoba yang disuntikkan? (Ya = 10, Tidak = 0)
9. Dalam berhubungan seks dengan pasangan lain, apakah selalu pakai kondom? (Ya = 0, Tidak = 10, Kadang-kadang = 10)

Cara Memaknai

* Jika nilai total jawaban Anda untuk seluruh pertanyaan = 0, maka: ”Selamat, Anda sangat beruntung! Anda tidak perlu melakukan Tes HIV saat ini. Namun jika Anda menginginkan dan penasaran Anda tetap dapat melakukannya di layanan VCT(voluntary counseling and testing) terdekat. Selalu pertimbangkan untuk melakukan tes HIV paling tidak 2 kali setahun”.
* Jika Anda memperoleh nilai 10 atas salah satu pertanyaan di atas, maka: ”Anda memiliki risiko! Anda tidak perlu melakukan Tes HIV saat ini juga. Namun sebaiknya Anda lakukan tes tersebut dalam 3 bulan ke depan untuk memastikannya. Kunjungi layanan VCT terdeka di kota Andat. Selalu pertimbangkan untuk melakukan tes HIV paling tidak 2 kali setahun”.
* Jika nilai total Anda sama dengan atau lebih tinggi dari 50, maka: ”Segera lakukan tes HI sekarang juga! Anda sangat berisiko terinfeksi HIV. Jangan tunda lagi, cari kepastian sekarang juga sebelum terlambat. Semakin dini Anda tahu status HIV Anda, semakin baik untuk pengobatan dan perawatan serta masa depan Anda”.

Sumber: pertanyaan ini adalah bagian dari Penilaian Risiko Individu, dimodifikasi dari ”Ten steps towards dealing with HIV/AIDS-related stigma" in a report on a GLOBAL CONSULTATION ON HIV& AIDS, 25-27 June 2003, Brandenburg, Germany, Summary Report. Dimodifikasi oleh Pdt. Gideon, 2007).

0 Responses