“BUKAN LELAKI BIASA!!”..(MENGUAK KEHIDUPAN GAY JAKARTA)

Berbicara ttg homoseksual sebenanya gak Cuma menyangkut objek lelaki.Homoseksual merupakan penyimpangan arah seksual dimana terjadi ketertarikan terhadap sesame jenis.

Sama halnya dengan kehidupan manusia,ada yg berada di jalan yg benar,tapi ada juga manusia yg menempuh “salah jalan..nah,begitu pula dgn kehidupan seksual,ada yg biasa,yakni laki2 tertarik dgn wanita,(heteroseksual),tapi ada juga yg penyuka sesama jenis(utk yg laki di sebut homoseksual,yg wanitanya di sebut lesbian),bahkan ada yg tertarik dgn kedua nya disebut Biseksual.

Identitas gay yg di”sandang”oleh sebagaian laki2 tentu bukan suatu keberuntungan,namun homoseksual (gay)bukanlah sesuatu yg memalukan krn kecenderungan homoseksual bukan suatu tindak kejahatan.

Dulu banyak kaum homoseksual sangat menutup diri.Sembunyi2 adalah pilihan mereka lantaran masyarakat belum lah dpt menerima mereka dan kaumnya.Maka nya mereka mempunyai komunitas sendiri,juga memiliki dunia sendiri.Padahal mereka juga manusia yg layak seperti yg lain.Hanya orientasi seks mereka saja yg membedakannya.

Perubahan nilai social dan cara pandang masyarakat saat ini cukup bisa menerima komunitas kaum gay,lesbian.Walopun baru hanya sebagian lapisan masyarakat saja.

Namun kini nampaknya,telah terjadi pergeseran2 nilai dan cara pandang thd kaum homoseksual.Smakin byk kaum gay yg telah berani tampil transparan,seolah mereka ingin menunjukkan identitasnya,yg mereka anggap inilah “aku” dan tak perlu lagi ditutup2i.Bahkan ada beberapa kaum gay yg sengaja becoming out,berani membuka diri.Keputusan ini sungguh sangat2 mbutuhkan pengorbanan yg besar.

Lihat saja..saat ini banyak acara2 ,baik itu hiburan maupun acara formal ygdi gelar dan diadakan khusus utk kaum gay di Jakarta (di daerah2 juga ada) yg dibuat secara terang2an.Satu bukti bhw kaum gay telah berani memunculkan identitasnya.Tak hanya sekedar mencari sensasi ato ikut2an meramaikan dunia malam Jakarta yg smakin gemerlap,tapi mereka mlakukan hal ini lebih sebagai bentuk pengakuan diri mereka kpd masyarakat.

Tapi gak semua kalangan homoseksual berani utk berekstrovert lohh..krn sebagian dari merekamsh membutuhkan yg namanya privacy..

Byk faktor yg nyebab in munculnya seorang laki2 mjd gay..dan penyebab itu ampe skrg msh di perdebatkan..muley dari faktor genetic,psikologi,lingkungan dan pergaulan,faktor ekonomi ampe faktor “takdir”.

Kaum gay pria adalah kaum yg tampilannya laki2,gak kemayu,tappppiiiiiii…”bukan laki2 biasa”…

Dan “dunia”kaum gay memang tdk mudah tercium,beda dgn “dunia”kaum gay waria…

Dlm penggunaan bahasa pun,kata2,istilah yg mereka gunakan berbeda..klo kaum gay waria delalu menggunakan bahasa “banci”(org2 nyebut nama bhs nya bhs banci”),beda dgn kaum gay,mereka tdk make bhs “Banci”dlm keseharian mereka..

Kaum gay metropolis kini sepak terjangnya,gaya idupnya,sdh tdk seperti dulu,mereka sekarang tak ada bedanya dgn kaum heteroseksual yg menganut paham kebebasan dunia malam di kota metropolitan ini.Kaum gay seakan kini GO PUBLIC ditengah2 gemerlapnya dunia malam Jakarta.

Dan kaum gay yg dulunya (dominan)selalu di kucilkan masyarakat,kini mereka dpt menjadi sahabat,di tempat2 hiburan malam di Jakarta yg punya target market kalangan elit,kini dgn cueknya menggelar event2 spesial utk kaum gay berduit.ada yg terang2an gelar event tsb,tapi ada pula yg ngumpet2.,dgn alasan ingin privacynya tetap tjaga.

Makanya byk kalangan homo yg high class, lebih menginginkan sutu PRIVATE PARTY..,dgn private party itu mereka bisa mbuat acara sebandel mungkin or sebebas mungkin,dan tentunya sesuai dgn keinginan mereka.

Bahkan saat ini ada Event Organizer (EO) yg khusus membuat konsep acara seperti apa yg mjd keinginan konsep pesta “gila” mereka..(EO ini melayani jasa membuat konsep party utk kaum gay).

Bahkan EO ini juga melayani jasa resmi n formal seperti gathering,wedding,exhibition…

Sebenarnya yg mereka cari adalah kenikmatan diri sendiri,mencari arti dari kesenangan utk dirinya..krn bagi kaum homo seolah sulit utk mendptkan kenikmatan dan kepuasan diri yg notebene nya adlh kepuasan seksual.Sebebas apapun tetap saja mrk hrs sembunyi2 utk memperoleh kenikmatan seksual sejenis mereka.

Kalo seorg laki2 biasa yg menganut dan gemar berpetualang mencari wanita penghibur,suatu saat nanti pasti merekabisa menyudahi petualangannya dgn menikahi wanita,beda dgn seorang laki2 yg memiliki kecenderungan homoseksual.Meskipun mrk bisa mnikah,tapi mrk tdk mudah menjalani kehidupan seksual mereka,skalipun bisa itu hanya semu..Maklumlah seorang homoseksual hanya bergairah dgn sesama lelaki.

Tapi tdk semua homoseksual hny mencari kenikmatan seks smata,byk juga yg tdk demikan kok !!

Utk menguak dunia homoseksual yg kalangan “jetset ato high class ato kalangan homoseksual yg eksekutif,punya tantangan tersendiri,di banding (maaf yach..)yg kalangan homo yg bawah..

Sebab kalangan homoseksual yg high class itu,dpt melakukan hal2 yg fantastis,namun sulit utk di ekspos.sementara kalangan homoseksual yg kelas bawah,kehidupannya tdk neko2 alias biasa2 aja..

Di kafe2 jakarta,kaum homoseksual highclass sering beredar,mereka semua tampak macho..:))pokoknya mereka berpenampilan sbg laki2 metrosexual,body ok,bicep nya?! Boleh di “check becky”pasti be sepir…kadang2 kita sering terkecoh,di sangkain normal,gak tau nyaaa..bukan….:)mereka homo !!! yg pasti ada di benak aku klo ngeliat mereka pasti timbul pikiran bgini,gimana sih kehidupan mrk yg sebenarnya,status mrk di masyrkt,dan udh pasti..gimana sih,kebutuhan biologis mrk??? Gmna yach,mrk nyalurin hasratnya??

Aku,knal dgn beberapa gay yg termasuk kategori eksekutif..pernah suatu kali,aku nanya sm tmen ku itu,ttgdunia gay..kt tmenku(sebut aja nama nya Dark)…Dark bilang gini: “ander..ander..dunia gay itu gak usah tlalu di pusingin lah..!!! buat Dark dunia gay,adlh dunia “STUPPID”akibat kesalahan2 org2 di dlmnya…sapa yg suruh mereka jd gay,tmasuk aku?! Kata dark saat itu,di tengah hangar bingar nya musik..di salahsatu kafe di bilangan senayan.Dark temen aku itu malah boleh di bilang punya”jaringan”dan gaul bgt dgn kalangan2 “sejenis”nya..

Lagi2..aku mikir..walo pun aku dekat dgn Dark..boleh di bilang utk menguak kehidupan gay nya`si Dark itu butuh pendekatan khusus utk ngulik2 nya n kyknya Dark punya kehidupan yg “kasat mata”

Pria2 gagah,byk di sukai wanita,bergaya layaknya seorg laki2 sejati..sapa yg nyangka yach,klo ternyata mereka punya kecenderungan homoseksual.Utk ngenalin pria gay gak gampang lohhh..krn notabene penampilan mereka..bener2 lakiiiiii bgtttt.(.penampilan,sikap,fisiknya).Tapi tmenku yg gay lainnya(sebut aja nama nya JAMY),ngasih tau ke aku..”liat aja mata nya,nder!’..dari mata bisa ketauan kok dia gay apa bukan..(ini “jurus” yg di kshtau sama Jamy..lohh..tau bener tau boong..:))..biasanya sesame gay,udh “KLIK” kok soal sinyalnya..”magnet”nya dapet aja,nder!”cerita Jamy temenku yg jg gay..

Jamy mungkin lebih “open” ke aku soal dunia gay nya di banding Dark temenku yg gay juga(yg aku critain di atas td)Pernah suatu saat ,usai jam kantor,Jamy ngajak aku ktmuan sm “SUAMI”jadi-jadiannya..(huahaha..suami kok “jadi-jadian”?!!),di tempat fitness centre di kawasan Jakarta selatan..ok..aku mau,ikut acara nya si Jamy..jadilah aku ktmu dgn Jamy di tempat fitness..nah tuh Jamy..pandanganku akhirnya tertuju pd Jamy yg sedang mlambaikan tgnnya pd ku..Tapiiii..”O,O,O,Owwww sapa tuh laki2 metroseksual yg sedang mengelus pipi Jamy?! Wuahhh..”spectacular” bgt pemandangan di depanku..”knalin nder.ini Doddy,yg gw critain td di tlp..Kt Jamy..”Beibb..(Jamy manggil Dody,”beib?!,bener-benerrr dah si jamy..:0 )knalin ini ander,or erly..dia tmen baik aku dari jaman kuliah dulu..”Jamy ngenalin aku ke “Suaminya”..

Yg bkin nganga mulut ku,Jamy n Dody,benerr2 romantis lohh..sama Dody..!!Gak eduli sejuta mata memandang!! Trus usai kelar mereka fitness,mereka pamitan mau sauna..Hallaaahhh..sauna?! mereka maintenance fisik mereka rupanya..pake sauna sgala!! Yah..aku sih tetap main treadmill,sambil mikir..”giling,dah si Jamy?!’

Sampe rumah,aku lgsg koling Jamy..nanya2 soal yg tadi di fitness..kok bisa sihhh..Jam..lo pny “hasrat,utk romantis2an sama Dody?!”kt nya itu belum seberapa nder!!”Belum ada setengahnya..”Hahhh?!’

Mereka (Jamy n Dody)sekrg “living 2gether”di apartemen..

Kisah Jamy n Dody,ini layaknya pasutri benerann..Jamy bilang kata nya dia`slalu masakin makanan buat ‘suami”nya..n bla..bla..bla..dan diantara mrk ada kecemburuan juga,kasih sayang,kesedihan,keperdulian..kebahagiaan(semu gak yach?)

Pria-pria cantak a.k.a cantik,(jelita)laki2 yg doyan berdandan danberpenampilan seperti wanita,gemulai,kemayu,mereka lah yg disebut gay waria.tapi bertubuh pria..

Nah..aku juga pernah (duluuuu..wkt masa muda,blm merit..di ajak ke “Dugem”nya para waria di bilangan kota nama nya Diskotik ML(ini nama singkatan dugemnya,krn gak etis yach,klo aku sebutin nama nya)..di ajak sama gay waria salon..huahaha(pengalaman yg gak terlupakan..sampe2 pacarku yg skrg jd suamiku..kaget,marah,mo “muntah”katanya,denger aku pamit minta ijin mo jalan sama(sebut aja,KITTY)gay waria ini..tapi biarin aja dehh..pacarku ngamuk2..toh aku Cuma penasaran aja sama “dunia”ini..:D

Jam 11 malem aku jemput si Kitty di salonnya..krn dia kata nya mo “bedendong”di “salsa”aja..(note:”bedendong,artinya:dandan..”salsa,maxudnya salon)..udh dpn salonnya Kitty keluar dgn dandanan ala Marilyn Monroe nya di kombinasi dgn dandanan Madonna (idola nya loh..2 superstar di atas):D

Aku ngakak liat ulah si Kitty..ternyata menurut aku..Kitty ini punya daya “imajinasi”yg tinggi..dandanannya mirip bgt 2 superstar tadi..pake wig blonde pula,lipstick ngejedooorrrrrr..(merah menyala,dari ujung bibir atas ampe ke bibir bawah..merah full).

Di perjalanan otw ke kota,sambil tangannya Kitty gratak2 CD koleksi aku,dia cerita..klo hari ini di diskotik ML,ada pemilihan Ratu Waria..maka nya dia ngajak aku..utk nonton..kebetulan dia jadi finalisnya..juri nya katanya..selebriti beneran..

Trus aku nanya (sambil nyetir nih),diskotik Ml itu khusus yach utk komunitas gay waria aja,ato ada homo nya,ato ada lesbiannya juga?”kitty bilang,banyakan sih..waria ama homo yg doyan binan..”lesbiola’ nya paling ada segelintir aja!

Sepanjang jalan asyik bercerita..gak terasa kita dah nyampe di ML..deg2an juga lohh aku..tapi kata Kitty..dia akan jagain aku kok..dia bilang,dia “megang”kok di ML..hallahhh..:P..”paling ander,di sangkain binan lo!’’ aku bilang:”enak aja,muka aku kan wanita bgt lohh!”,Kitty ketawa,dia bilang gini,”nder..di sana kan malem n remang2 muka2 binan disana juga jd ayu,cantik n smooth lohh!’ beda klo kmu liat siang2!”..Wah..aku jd tambah penasaran..saking enasarannya,pacarku tlp gak kedengaran bunyinya(nambah “mumun”aja deh acarku,saat itu..”mo muntah”,huahaha)

Begitu masuk kedlm ruangan ML,yg aku dapetin “atsmosfer”nya engappppppp..sumpek,jantungan rasanya..dan aku liat view yg “lain daripada yg lain..nih diskotik..benerrrrrrraaaannnnnnnn isinya BANCI!!! Persis bgt kyk banci taman di taman lawang..cantik..muka n body udah ngalah2in wanita beneran..malah kok aku liat byk mirip muka seleb2!!benerannn,sumpah!! Dan ada kjadian kocak di sanaaa..aku juga jd kna getahnya..disangkain Binan pula!!!!! Wah..gak sopan amerika nih..muka kayak gini di sangka banci..:(

Aku terusterang aja gak bisa nikmatin suasana nya,yg engapp,sumpek,bkin sakit mata n kpala ku..tapi demi rasa penasaranku..aku jd rela berlama2 di ML..pengen tau aja,gmn sih..komunitas waria itu kehidupannya..Ternyata lucu juga..ada pemilihan Ratu nya sgala loh..punya tempat dugem yg khusus utk mereka juga..

Dan dlm alam pemikiran aku..kaum gay waria itu,punya daya fantasy yg tggi..kreatif,penuh imajinatif..buktinya mereka bisa berdandan ala bintang idola mereka masing2..Kitty misalnya,bisa ngubah dandanan nya jdi seperti dandanan Marylin Monroe ‘perpaduan dan kombinasi”Madonna..ck..ck..salutt..

Usai acara pemilihan Ratu waria,kita pulang..di pintu keluar,Kitty asyik bersay hi dgn temen2 gaulnya..pake acara cipika cipiki sgala loh..cium pii kanan..cium pipi kiri..:) ada ada aja si Kitty..

Dlm perjalanan pulang,aku nanya sama Kitty..kok ada yach..dugem khusus binan?! Jawab Kitty..sambil nguap..nguap..”yach..gini deh nder..komunitas aku belum tentu kan di terima di tempat2 umum,belum tentu juga ada orang2 yg bisa nerima keadaan komunitas aku ini”..maka nya kita bkin tempat dugem khusus waria!!”

Sambil ngantuk2..Kitty sms in anak nya yg bernama sheila n aldy,utk janjian besok sore mau ajak mereka jalan2 n beli mainan di mall..

Ironic…tapi inilah fenomena real yg ada di sekitar kita..pasti ada pro dan kontra did lm nya..

Nah..guys..itu lah pengalaman aku jaman muda dulu..yg penasaran bgt sama komunitas ini..tapi aku liat mereka sepatutnya di terima di masyarakat..krn mereka pun patut utk di kasihi,di mengerti,secara personal n kepribadiannya..tai klo urusan “penyimpangan”,biarlah..itu mjd bagian dari privacy mereka..mereka baik2 lohh..dan menurut aku bisa jd tempat bercurhat2an,tempat utk berbagi keceriaan juga..pokoknya mereka adalah orang2 kreatif n punya perasaan yg berbudi halus juga..ini menurut aku loh..

Ok,guys..c u then !!

Tulisan ini di tulis berdasarkan pengamatan n pengalaman aku bersama komunitas ini..dan dari buku karangan nya “Lanang Priaga’..aku beli buku ini udh lama bgt..Cuma utk nyocokin..sama gak yach..cerita antara buku dgn pengalamanku bersama teman2ku dari “komunitas”di atas..ternyata ..Sama,n nyaris mirip!!

Notes: Lanang priaga..penulis yg menurut aku..amat pandai..spektakuler bgt buku anda..aku ampe nyariin buku kamu selama hamper 2 bulan..baru nemu..bow!!

Thanks bgt buat..papi dana,manager salon yg udh ngajak aku jalan2 ke ML..racun bgt nih papi..hihi,thanks yg kedua buat yopie de kock..buat tyas yg suka latahan..herman hedung atas story nya,tulus n surya..dewa,dll.. I love u all,!!

0 Responses